Picture
Resiko diabetes ada pada setiap orang. Karenanya akan lebih baik jika kita dapat mengurangi resiko yang kita miliki tersebut dengan melakukan upaya pencegahan sejak dini. Bagi sebagian orang mungkin upaya untuk mencegah penyakit gula darah tersebut akan dianggap mustahil atau sulit dilakukan. Namun ternyata upaya tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan hanya dengan berjemur setiap pagi, resiko diabetes dapat berkurang dengan sendirinya. Benarkah demikian?

Berjemur di pagi hari memang dipercaya dapat membantu mengurangi resiko kencing manis. Hal ini karena berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara untuk memperoleh asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup, khususnya dalam hal membantu sintesis vitamin D di dalam tubuh. Sementara itu, secara alami vitamin D dapat diperoleh dari setiap makanan yang kita konsumsi. Namun untuk proses sintesisnya sendiri, kita masih memerlukan sinar matahari pagi. Jadi usahakan untuk selalu menyempatkan diri berjemur di pagi hari agar sintesis vitamin D di dalam tubuh dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Waktu yang Baik untuk Berjemur?

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa berjemur di pagi hari dapat membantu proses sintesis vitamin D yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit kencing manis. Agar manfaat tersebut dapat diperoleh sesuai dengan harapan, maka perlu diketahui waktu yang baik untuk berjemur. Hal ini karena sebagian besar orang, khususnya wanita, seringkali justru menghindari sinar mentari meski di pagi hari dengan alasan takut hitam. Padahal sinar mentari pagi dapat memberikan banyak manfaat, khususnya dalam hal mencegah penyakit diabetes. Karenanya pemahaman mengenai waktu yang disarankan untuk berjemur berikut ini diharapkan dapat merubah mindset mereka.

Waktu pagi hari antara jam 7 sampai jam 9 pagi merupakan waktu yang baik untuk berjemur guna memperoleh cukup sinar mentari yang dapat membantu proses sintesis vitamin D di dalam tubuh. Pada rentang waktu tersebut, sinar mentari masih belum terlalu terik dan tidak mengandung sinar ultraviolet sehingga anda tidak perlu khawatir kulit anda akan hitam karenanya. Meski demikian, penggunaan tabir surya tetap dianjurkan.

Waktu lainnya yang juga dapat anda pertimbangkan untuk berjemur adalah antara jam 3 sampai jam 5 sore. Sama halnya dengan rentang waktu sebelumnya, pada rentang waktu ini sinar matahari juga tidak terlalu terik dan sudah tidak mengandung sinar ultraviolet. Disarankan untuk tidak hanya berjemur saja, tetapi juga dapat dipertimbangkan untuk melakukan olahraga ringan seperti berenang. Dengan cara ini diharapkan kegiatan berjemur anda akan lebih menyenangkan sehingga upaya untuk mencegah penyakit kencing manis akan dapat tercapai dengan mudah.


10/17/2013 12:11:59 pm

kencing manis dapat ditanggulangi dengan memakan sayuran bergizi seimbang

Reply



Leave a Reply.